Berita Terkini

Generasi Muda PMI Harus Bisa Menjadi Agen Perubahan
29-12-2012 17:32

Pakisaji (22/09) ?? Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia. yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan, dengan selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah yaitu Kemanusiaan, Kesamaan ,Kesukarelaan, dan Kesemestaan.

Pakisaji (22/09) – Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia. yang bergerak dalam bidang sosial dan kemanusiaan, dengan selalu berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah yaitu Kemanusiaan, Kesamaan ,Kesukarelaan, dan Kesemestaan , maka Kiprah PMI senantiasa berkembang seiring dengan bertambahnya usia.
\n
\nTepat pada 17 September 2012 , Palang Merah Indonesia genap berusia 67 tahun, Untuk menghormati Usia Palang merah Indonesia yang hampir sama dengan Usia Republik Indonesia , Maka Palang Merah Indonesia  Kabupaten Malang, menggelar upacara Peringatan Hari Palang Merah Indonesia Ke 67 digelar di lapangan desa Genengan Kecamatan Pakisaji pada hari Sabtu (22/9).
\n
\nUpacara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua PMI Kab. Malang H. Rendra Kresna sekaligus Bupati Malang. Pada pelaksanaan upacara HUT PMI ke 67 ini , sekitar 2450 siswa-siswi yang terdiri SD,SMP,SMA,PMI se-Kabupaten Malang yang tergabung dalam PMI/PMR juga mengirimkan anggotanya untuk mengikuti upacara HUT PMI ke 67 ini.
\n
\nPada kesempatan upacara tersebut, Ketua PMI Kabupaten Malang membacakan sambutan Ketua Umum PMI, HM. Jusuf Kalla. Dimana dalam sambutan tertulisnya Ketua Umum PMI menyampaikan bahwa dalam kurun waktu 67 tahun, PMI mengahadapi banyak sekali tantangan, hambatan dan rintangan. Saat ini PMI semain tegar dan matang dalam menghadapi bencana, konflik dan persoalan sosial yang melanda masyarakat.
\n
\nLebih lanjut, HM Yusuf Kalla, mengatakan PMI saat ini tengah mendorong dan meningkatkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan. Sejak dini, mereka harus didorong untuk berperan menjadi agen atau pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada sebayanya dan masyarakat mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan ini. Sesuai dengan tema peringatan HUT PMI ke 67 ini adalah “Kaum Muda sebagai Agen perubahan”, diharapkan mampu ambil bagian dibidang kemanusiaan. Usai kegiatan upacara disuguhkan simulasi penanggulangan bencana gempa bumi, yang digarap secara bersama-sama PMI, Taruna Siaga Bencana ( TAGANA )  dan para relawan.
\n
\nSimulasi ini sebagai bentuk tanggap bencana yang akhir-akhir ini sering terjadi, bahwa bencana bisa terjadi sewaktu-waktu, dengan simulasi ini diharapkan bisa mendektesi kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana agar bisa ditangani dengan baik, selanjutnya penanganan bencana alam mulai dari pra sampai pasca bencana tetap terjalain koordinasi yang baik, antara pemerintah, swasta dan masyarakat. (Humas/Kus)
\n